Saturday, September 29, 2012

Pengertian artikel

 artike, pengertian artikel, definisi artikel, apa itu artikel, contoh artikel
Artikel adalah karangan yang bersifat fakta dan secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan melalui koran, majalah, buletin, buku, dan sebagainya. Pembuatan artikel bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Ketika membaca berita yang ada di koran maupun majalah, banyak di antara kita yang menganggap bahwa berita tersebut adalah salah satu bentuk penulisan artikel yang dibuat untuk menyampaikan suatu berita. Bahkan, tulisan-tulisan yang ada di internet baik yang dituliskan di website atau blog dianggap salah satu bentuk penulisan artikel. Padahal, tidak semua bentuk penulisan berita tersebut merupakan bentuk artikel. Hal ini disebabkan masih banyak di antara kita yang belum mengetahui apa pengertian artikel itu sebenarnya. Orang berpikir bahwa penulisan sebuah artikel yang berdasarkan pengertian artikel yang sesungguhnya adalah bentuk penulisan yang sulit dan memerlukan gaya bahasa tertentu. Padahal menurut pengertian artikel, bentuk tulisan yang digunakan dalam sebuah artikel itu tidaklah rumit dan hanya menggunakan gaya bahasa yang sederhana saja sudah dapat membentuk suatu tulisan yang disebut dengan artikel. Ada banyak website atau blog yang membutuhkan para penulis lepas untuk menuliskan berbagai artikel yang akan dimuat di dalam website tersebut dengan tujuan agar website atau blog itu memiliki banyak pengunjung. Namun ternyata dari penulis-penulis yang sudah terbiasa menulis artikel pun masih banyak yang belum mengetahui dengan baik dan benar.

Ada banyak Definisi artikel yang bisa kita temukan di dalam buku-buku yang membahas tentang pengertian artikel maupun di berbagai website yang menuliskan pengertian artikel. 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian artikel adalah karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. Pengertian artikel yang dituliskan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ini akhirnya membuat banyak orang yang salah persepsi akan berbagai tulisan yang ada di media cetak termasuk di dalamnya penulisan untuk media online. Padahal di dalam karya tulis yang dicetak di media cetak tersebut, karya-karya tulis tersebut tidak hanya berupa artikel, namun ada juga bentuk karya tulis yang berupa opini dan kolom. Karena banyaknya orang-orang yang salah dalam menangkap pengertian artikel ini, maka Ichtiar Baru menuliskan bahwa pengertian artikel itu adalah sebuah karangan prosa dalam media massa yang membahas pokok masalah secara lugas dengan isi yang benar serta aktual. Susunan kalimat di dalam artikel pun harus rapi dan hemat kata-kata. Pengertian artikel yang diungkapkan oleh Ichtiar Baru ini lah yang akhirnya menjadi patokan penulisan sebuah karya tulis berbentuk artikel. Bahwa di dalam sebuah tulisan yang berbentuk artikel ini harus mengandung kekinian dengan isi yang faktual, terpercaya, dan benar.

Cara Penulisan Artikel
Menurut pengertian artikel yang merupakan sebuah karya tulis yang isinya harus benar dan aktual, maka cara penulisan artikel yang berdasarkan pengertian ini harus mengandung unsur-unsur sebagai berikut:
1. Lugas Di dalam sebuah artikel, kalimat-kalimat yang digunakan adalah kalimat sederhana yang tanpa basa basi dan tidak mengandung arti ganda. Penggunaan unsur lugas di dalam sebuah artikel ini semakin memperkuat pengertian artikel itu sendiri. Di dalam sebuah artikel haruslah menggunakan kalimat-kalimat sederhana yang mudah dimengerti oleh pembacanya dan menghasilkan pengertian yang sama bagi setiap pembacanya.
 
2. Tuntas Di dalam setiap penulisan artikel, setiap isi yang menjadi pembahasan di dalam artikel itu haruslah di bahas dengan tuntas dan tidak dibiarkan menggantung tanpa penyelesaian. Misalnya, saja suatu artikel membahas tentang bahaya narkoba, maka pembahasan mengenai bahaya narkoba itu harus dibahas hingga selesai. Jangan sampai ketika selesai membaca artikel tersebut, orang masih bertanya-tanya akan bahaya narkoba.

3. Logis
Di dalam artikel itu haruslah sesuai dengan logika, masuk akal dan akan dinyatakan dengan benar jika dinalarkan. Pengertian artikel di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memang tidak dijelaskan secara mendetail tentang kelogisan sebuah artikel itu seperti apa. Namun sudah banyak tulisan-tulisan yang memberi contoh bagaiman sebuah artikel tersebut dikatakan logis dan masuk akal.
 
4. Obyektif Di dalam penulisan sebuah artikel maka data-data yang digunakan untuk menuliskan artikel itu adalah data-data yang sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya dan dapat diterima oleh masyarakat umum. Data yang tidak objektif akan menjadikan tulisan di dalam artikel itu menjadi diragukan kebenarannya. Padahal, jika disesuaikan dengan pengertian artikel yang sesungguhnya yang menyatakan bahwa sebuah artikel itu haruslah berdasarkan fakta dan kenyataan yang ada serta harus aktual, maka data yang tidak obyektif tidak dapat dimasukkan sebagai data dalam penulisan artikel.
 
5. Cermat Di dalam penulisan artikel itu tidak menimbulkan keragu-raguan orang-orang yang membaca artikel tersebut. Di dalam pengertian artikel memang tidak disebutkan tentang penggunaan cermat dan memang membutuhkan kecermatan penulisnya untuk menghasilkan sebuah artikel yang sesuai dengan data yang sebenarnya.

Sayangnya, masih banyak penulis-penulis artikel yang kurang cermat dalam membuat artikelnya dan hanya menyalin artikel yang sudah pernah dibuat oleh orang lain. Sehingga kemungkinan besar penulis artikel itu sendiri menjadi tidak tahu bahwa apa yang dituliskan itu benar-benar terjadi atau tidak. Kecermatan dalam mengangkat sebuah data untuk dijadikan bahan penulisan artikel harus benar-benar diperhatikan agar penulis tersebut tidak dituduh melakukan plagiasi atau peniruan artikel orang lain hanya karena kemiripan artikel yang dibuatnya.
 
6. Jelas dan Padat Di dalam pengertian artikel sudah disebutkan bahwa di dalam penulisan sebuah artikel haruslah menggunakan bahasa yang jelas dan padat sehingga semua orang yang membaca artikel tersebut dapat langsung mengetahui isi artikel itu. Selain itu, penggunaan kalimat dan bahasa yang jelas dan padat akan mencegah timbulnya persepsi yang berbeda pada orang-orang yang membaca artikel yang sama.

Selain itu, menurut pengertian artikel, dalam menuliskan sebuah artikel, penulis-penulis artikel itu harus memperhatikan terlebih dahulu apakah tema tulisan yang akan diangkatnya tersebut merupakan suatu berita yang aktual dan dan bersifat terkini. Pengertian artikel yang sebenarnya itu adalah artikel yang merupakan berita terkini atau berita-berita yang tidak dimakan oleh waktu.

Contoh tema artikel yang akan tetap aktual sepanjang masa misalnya adalah artikel tentang manfaat buah naga. Baik masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang, manfaat buah naga tersebut akan tetap menjadi berita yang aktual. Mungkin akan ada penambahan manfaat baru, namun penambahan manfaat baru tersebut tidak akan mengubah keseluruhan manfaat umum buah naga tersebut. Pengertian artikel ini masih harus dipelajari lebih banyak lagi agar dapat memberikan kejelasan bagi para penulis atau masyarakat awam yang masih belum benar-benar memahami pengertian artikel yang sesungguhnya.

Jadi bagaimana apakah anda sudah mengetahui Apa itu artikel yang sebenarnya. Yang anda baca ini adalah contoh Artikel yang benar dan baik dan telah berpedoman cara penulisan artikel yang benar.

Sumber = 1. http://id.wikipedia.org/wiki/Artikel
                2. http://www.anneahira.com/pengertian-artikel.htm

Artikel baru =
Artikel lama = Pengertian berita

Posted by: Erwin Pratama
Berita terbaru

0 komentar: